Cara Tambah Peserta Didik Baru Di Dapodik Versi 2020

Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.blogspot.com
Memasuki tahun pelajaran baru yaitu tahun pelajaran 2019/2020 maka tentunya sebagai seorang operator sekolah mau tidak mau harus siap kembali melakukan aktivitas yang cukup berat dalam melakukan penginputan data ke dalam aplikasi dapodik.

Saat ini tim pengembang dapodik pusat telah membuat aplikasi dapodik versi terbaru yang di beri nama aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik sekolah maka anda harus memiliki persiapan yang baik sebelum melakukan penginputan data peserta didik khususnya melakukan proses tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020.



Pada postingan saya kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai cara menambah siswa baru atau cara tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2020. Bagi anda yang akan melakukan tugas dalam menambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 maka anda harus sudah mempersiapkan data-data peserta didik baru yang akan di masukkan ke dalam aplikasi dapodik versi 2020.

Tutorial yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini mengenai cara melakukan tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 akan sangat membantu anda dalam melakukan proses tambah peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru saat ini.

Namun sebelum anda melakukan penambahan siswa baru atau menambahkan peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka di harapkan anda telah mempersiapkan data - data dan biodata lengkap yang di sertai dengan bukti fisik dari dokumen peserta didik baru yang akan di input kedalam aplikasi dapodik. Bukti fisik yang harus dipersiapkan antara lain adalah Ijazah peserta didik baru/SKHU sementara, Akte Kelahiran, Kartu keluarga, KTP kedua orang tua serta formulir pengisian PPBD.

Apabila seluruh data peserta didik baru telah lengkap maka tentunya proses dalam melakukan tambah peserta didik baru akan dapat dilakukan dengan mudah.

Sekedar informasi bahwa untuk bisa melakukan penambahan siswa baru kedalam aplikasi dapodik versi 2020 maka anda hanya dapat melakukannya dengan cara online dan dengan cara menarik data peserta didik baru tersebut dari sekolah asal menuju ke sekolah tujuan yang dalam hal ini adalah menuju kesekolah anda.

Proses tambah peserta didik baru dengan cara menarik data peserta didik dari sekolah asal ke sekolah tujuan dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu cara menambah siswa baru ke dalam aplikasi dapodik versi 2020 dapat dilakukan bagi peserta didik yang sekolahnya menggunakan aplikasi dapodik maupun tidak menggunakan aplikasi dapodik.


Baiklah berikut ini penjelasan mengenai cara untuk melakukan tambah peserta didik baru atau tambah sisiwa baru ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru, dengan cara melakukan penarikan data peserta didik baru secara online, dan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :




  • Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini dan silahkan klik gambar yang ada di atas tulisan “Manajemen Dapodik”



  • Kemudian akan muncul gambar berikut dan klik “ Kelola Data Pokok”



  • Setelah itu klik tulisan “Peserta Didik” dan dilanjutkan dengan mengklik tulisan “Tambah Peserta Didik”



  • Jika ingin melakukan penambahan peserta didik baru maka pilih tulisan “Peserta Didik Baru”sedangkan jika ingin melakukan penambahan peserta didik yang berasal dari siswa pindahan maka klik tulisan “Pindah/Mutasi”



  • Untuk melakukan penambahan peserta didik baru yang bukan berasal dari dapodik maka pada menu “Sumber Data “ pilih tulisan “Tambah PD di Luar Dapodik”



  • Setelah itu untuk melakukan penambahan peserta didik baru silahkan isi data peserta didik baru tersebut sesuai dengan data yang wajib di isi pada tampilan tersebut dan langkah terakhir klik “Simpan”



Apabila anda telah berhasil melakukan proses penambahan peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru tersebut maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah anda harus melakukan syncronisasi data dapodik anda dengan tujuan agar seluruh data peserta didik baru yang telah anda tambahkan tadi dapat secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik versi 2020, sebab meskipun anda telah melakukan proses penambahan peserta didik baru kedalam aplikasi dapodik namun anda belum melakukan syncronisasi dapodik anda maka data tersebut tidak akan masuk kedalam aplikasi dapodik anda.

Demikianlah cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru di aplikasi dapodik versi 2020 secara manual.
Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat buat teman-teman operator yang membutuhkannya, dan apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar dapodik, maka anda dapat mengunjungi blog kherysuryawan.blogspot.com

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium JejakApaAja

0 Response to "Cara Tambah Peserta Didik Baru Di Dapodik Versi 2020"

Posting Komentar